koreapax.blogg.se

Ringkasan buku metodologi penelitian
Ringkasan buku metodologi penelitian









Hasil ini menunjukan kesimpulan bahwa buku siswa tematik kelas 1 SD belum dapat disebut sebagai bahan ajar multimodal.

ringkasan buku metodologi penelitian

dari hasil intersemiosis ditemukan secara ideasional 29.73%, interpersonal 37.84%, dan tekstual 33.43%. Linguistik menunjukan moda linguistic, visual, gesture, dan spatial sebanyak 23.73 % dan untuk moda audio sebanyak 5.08%. Hasil penelitian menunjukan temuan indikator multimodal melalui metafungsi linguistik dan intersemiosis. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah studi dokumentasi dengan metodologi analisis isi. Instrument yang digunakan ialah indikator multimodal melalui metafungsi linguistic dan penggunaan makna intersemiosis.

ringkasan buku metodologi penelitian

Sumber data dalam penelitian ini ialah pembelajaran sub tema 1 mengenai “lingkungan Rumahku”, yang terdapat tema 6 “lingkungan sehat, bersih, dan asri” pada bahan ajar buku siswa tematik kelas 1 sekolah dasar kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Desain penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif. Multimodalitas dalam bahan ajar dianggap penting untuk dianalisis karena dapat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Hal ini sejalan dengan prinsip multimodal yang dapat mengefektifkan komunikasi, sehingga makna yang disampaikan akan lebih mudah dipahami karena penggunaan berbagai moda untuk mendukung makna yang ada.Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui multimodalitas dalam sebuah bahan ajar buku tematik kelas I sekolah dasar. Komunikasi dalam pembelajaran dapat dibantu dengan penggunaan bahan ajar, salah satunya ialah dengan penggunaan pendekatan multimodal.











Ringkasan buku metodologi penelitian